Anak Muslim Gaul
Berfikir Kreatif :D

Adam De la halle

Label:

Dalam kesempatan kali ini, saya akan menuliskan seorang tokoh yang sangat terkenal sekali dalam bidang seni musik terutama pada zaman abad pertengahan. Langsung ke topiknya aja ya, soalnya saya capek basa-basi terus :D.... Selamat Membaca !!!




Adam de la halle memiliki beberapa julukan yaitu " le bossu d'arras" dan Adam d'arras", itu menunjukan bahwa ia datang dari Arras, Perancis. Dan Adam de la halle memiliki seorang ayah yang bernama Henry de la halle, ayahnya adalah seorang warga negara terkenal Arras, dan Adam mempelajari tata bahasa,teologi,dan musik di biara Cistercian dari Vaucelles, dekat Cambrai. Henry dan Adam sedang dalam perselisihan sipil di Arras, dan untuk waktu yang singkat berlindung di douai. Pada saat itu, Adam telah ditakdirkan untuk gereja, tetapi ia meninggalkan niat itu, dan menikah dengan marie tertentu, tokoh yang dalam banyak lagu-lagunya,rondeaux,motets dan jeux-partis. Setelah itu ia bergabung dengan keluarga Robert II, bangsawan Artois, dan kemudian melekat pada Charles dari Anjou, saudara Louis IX yang kekayaan dia meliputi di Mesir,Suriah,Palestina,dan Italia.

Karya-karya Adam de la halle dikenal meliputi 36 chansons ( harfiah lagu), 46 rondets de carole, 18 jeux-partis, 14 rondeaux, 5 motets, dan 1 virelai rondeau.

Sekian yang dapat saya tuliskan. Mohon maaf apabila ada kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja ( kaya mau lebaran aje ) -_-  ...  Ditunggu ya komentarnya !!!!
0 komentar:

Posting Komentar

Social Media Blog

Facebook  Twitter 
smadav antivirus indonesia

IP ADDRESS

AMG Blog. Diberdayakan oleh Blogger.


Arsip Blog

Traffic Blog